Profil Singkat PPID

PROFIL SINGKAT

PPID KPU PROVINSI SUMATERA SELATAN

Demi menjamin terlaksananya pelayanan informasi publik, KPU RI telah membentuk Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) di lingkungan Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia dengan menerbitkan Keputusan Nomor 87/Kpts/KPU/Tahun 2015 tentang Struktur Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi di lingkungan KPU dan Keputusan KPU Nomor 88/Kpts/KPU/Tahun 2015 tentang Standar Operasional Prosedur Pengelolaan dan Pelayanan Informasi Publik di lingkungan KPU.

Berdasarkan keputusan tersebut melalui surat KPU Nomor 113/KPU/III/2016 tanggal 1 Maret 2016 perihal tindaklanjut pengelolaan dan pelayanan informasi publik di tahun 2016 yang pada intinya memerintahkan kepada seluruh KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota yang belum membentuk PPID segera membentuk Struktur PPID di lingkungan KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota.

Sebagai tindaklanjut dari surat ederan tersebut KPU Provinsi Sumatera Selatan telah membentuk dan menetapkan Struktur PPID melalui Keputusan KPU Provinsi Sumatera Selatan Nomor 22/Kpts./KPU.Prov.006/III/2016 tanggal 16 Maret 2016 tentang Penetapan Struktur Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi di lingkungan KPU Provinsi Sumater Selatan dan kemudian diperbarui dengan menambahkan struktur operator e-PPID dalam Keputusan KPU Provinsi Sumatera Selatan Nomor 320/PP.07-Kpt/16/Prov/IX/2019 tentang Penetapan Struktur Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi di lingkungan KPU Provinsi Sumater Selatan.

STRUKTURPEJABAT PENGELOLA INFORMASI DAN DOKUMENTASI (PPID)

DI LINGKUNGAN KOMISI PEMILIHAN UMUM PROVINSI SUMATERA SELATAN

NO

JABATAN

KEDUDUKAN

TUGAS

1

2

3

4

1.

Ketua dan Anggota KPU Provinsi Sumatera Selatan

Pembina

Melakukan pembinaan terhadap pengelolaan informasi dan dokumentasi publik.

2.

-DivisiSosialiasi, Pendidikan Pemilih, Parmas dan SDM;

- Sekretaris KPU Provinsi Sumatera Selatan

- Para Kepala Bagian di Lingkungan Sekretariat KPU Provinsi Sumatera Selatan

Tim Pertimbangan Pelayanan Informasi

Memberikan pertimbangan/ persetujuan terhadap Pemohon informasi

3.

Sekretaris KPU Provinsi Sumatera Selatan

Atasan PPID

Melakukan kontrol, pengawasan dan evaluasi terhadap kegiatan pelayanan informasi.

4.

Kepala Bagian Hukum, Teknis dan Hubungan Partisipasi Masyarakat

PPID

1. Merencanakan, mengorganisasikan, melaksanakan, mengawasi dan mengevaluasi pelaksanaan kegiatan pengelolaan dan pelayanan informasi publik;

2. Menghimpun informasi publik dari seluruh unit kerja KPU Provinsi Sumatera Selatan;

3. Menata dan menyimpan informasi publik;

4. Menyeleksi dan menguji informasi publik yang termasuk dalam kategori informasi yang dikecualikan;

5. Melakukan pengujian konsekuensi dengan melibatkan pimpinan unit; dan

6. Melaksanakan kegiatan pelayanan informasi kepada publik.

5.

Para Kepala Sub Bagian di Lingkungan Sekretariat KPU Provinsi Sumatera Selatan

Tim Penghubung Penyedia Informasi dan Dokumentasi

1. Mengumpulkan, mengelola data, dan ikut serta membangun sistem informasi yang dikuasai masing-masing bagian; dan

2. Mengkoordinasikan penyelesaian sengketa hukum yang berkenaan denagan masalah informasi publik kepada bagian hukum.

6.

- Kepala Sub Bagian Teknis dan Hubungan Partisipasi Masyarakat;

- Staf Teknis dan Hubungan Partisipasi Masyarakat; serta

- LO Sub Bagian di Lingkungan KPU Provinsi Sumatera Selatan

Desk Pelayanan Informasi dan Dokumentasi

Melaksanakan kegiatan pengelolaan dan pelayanan informasi serta dokumentasi publik.

7.

Operator E-PPID

1.Melakukanpengisian menu-menu yang berada dilaman masing-masing PPID Online;

2.Updatinglama beranda masing-masing PPID Online (disesuaikan dengan masing-masing satker);

3.Pengecekan jumlah permohonan Informasi dan keberatan yang diajukan melalui PPID Online; dan

4.Mengkoordinir Operator PPID KPU Kab/Kota.